fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Pengertian dan Contoh Akta Pendirian CV

Akta pendirian merupakan salah satu dokumen penting yang mesti dimiliki ketika ingin membentuk perusahaan dalam bentuk CV. Apakah kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan akta pendirian CV ini?

Seperti yang kita ketahui bersama, CV merupakan salah satu bentuk badan usaha yang bisa kamu jumpai di Indonesia. Secara umum, CV atau persekutuan komanditer bisa didefinisikan sebagai badan usaha yang dibentuk oleh dua orang atau lebih dan mempercayakan modal yang dimiliki oleh pemilik tersebut dan dijalankan oleh anggota lainnya.

Terdapat dua jenis sekutu yang ada dalam perusahaan dalam bentuk CV, yakni sekutu pasif dan aktif. Sekutu pasif merupakan anggota CV yang bertanggung jawab dalam hal modal yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Di sisi lain, sekutu aktif bertanggung jawab untuk mengelola modal yang diberikan oleh sekutu pasif dalam aktivitas perusahaan sehari-hari.

Kali ini kita akan mengulas secara mendalam terkait akta pendirian CV ini. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apa saja contoh isi yang ada di dalam dokumen tersebut.

Pastikan untuk membaca artikel ini hingga bagian akhir agar kamu bisa mendapatkan informasi secara keseluruhan.

Penjelasan Umum

Ilustrasi akta pendirian cv (Pixabay/PublicDomainPictures)

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, akta pendirian merupakan salah satu dokumen penting yang mesti kamu miliki ketika membentuk perusahaan dalam bentuk CV. Akta pendirian CV merupakan dokumen yang berfungsi sebagai bukti peristiwa atas berdirinya perusahaan atau badan usaha dalam bentuk tersebut.

Akta pendirian ini berisi beberapa informasi resmi, seperti profil usaha, tujuan, hingga kegiatan yang dijalankan. Nantinya akta ini dibutuhkan untuk mengurus legalitas dari perusahaan yang akan didirikan tersebut.

Biasanya dokumen ini mesti diurus ke notaris dan ditandatangani langsung oleh pihak terkait. Dengan memiliki dokumen ini, maka badan usaha yang kamu dirikan memiliki kekuatan hukum yang jelas dalam operasionalnya.

Terdapat beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi ketika mengurus dokumen ini, seperti.

  1. Identitas dari para pendiri perusahaan.
  2. Nama perusahaan.
  3. Tujuan perusahaan.
  4. Modal perusahaan.
  5. Pembagian kepemilikan sekutu aktif dan pasif.
  6. Masa berlaku dan pembubaran jika diperlukan.

Contoh Isi Akta Pendirian CV

Isi dari akta pendirian CV sebenarnya tidak jauh dari persyaratan umum yang mesti dipenuhi ketika mendirikan usaha tersebut. Adapun contoh isi dalam dokumen ini di antaranya.

1. Identitas Para Pendiri CV

Pada bagian ini tercantum beberapa informasi terkait identitas pada pendiri, mulai nama, alamat, hingga nomor identitas.

2. Nama Perusahaan CV

Bagian berikutnya yang terdapat dalam akta pendirian adalah nama perusahaan yang digunakan. Usahakan memilih nama yang unik dan tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku.

3. Tujuan Perusahaan CV

Tujuan perusahaan juga tercantum dalam isi akta pendirian. Pada bagian ini akan dijelaskan detail tujuan kegiatan bisnis yang akan dilakukan oleh perusahaan tersebut.

4. Modal Perusahaan

Bagian berikutnya yang tercantum dalam akta pendirian adalah modal perusahaan. Pada bagian ini akan dijelaskan jumlah modal yang disetorkan oleh para sekutu pasif dalam perusahaan tersebut.

5. Pembagian Kepemilikan

Pembagian kepemilikan perusahaan juga akan tercantum dalam akta pendirian. Pembagian kepemilikan ini nantinya akan berpengaruh pada keuntungan dan tanggung jawab yang didapatkan oleh masing-masing sekutu.

6. Masa Berlaku dan Pembubaran

Hal terakhir yang terdapat dalam isi akta pendirian CV adalah masa berlaku dan pembubaran. Bagian ini tercantum ketika sudah disepakati rentang waktu operasi dari perusahaan tersebut sebelumnya.

Jasa Pembuatan CV Perusahaan Bersama AdminKita

Bagi kamu yang ingin mendirikan badan usaha dalam bentuk ini, bisa memanfaatkan Jasa Pembuatan CV Perusahaan bersama AdminKita. Kamu akan mendapatkan berbagai macam kemudahan ketika memanfaatkan layanan yang satu ini.

Sebab kamu akan didampingi oleh tim AdminKita yang ahli di bidangnya dalam mengurus proses pembuatan CV tersebut. Jadi kamu tidak perlu khawatir menghabiskan banyak waktu produktif ketika mengurus hal tersebut.

Tunggu apa lagi? Langsung saja hubungi kontak di bawah ini dan rasakan kemudahan dalam membuat sebuah CV bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!