fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Pengertian dan Dasar Hukum Badan Usaha Yayasan

Kamu tentu pernah menemukan atau melihat badan usaha berbentuk yayasan di daerah tempat tinggalmu bukan? Apakah kamu mengetahui apa dasar hukum yang melandasi badan usaha tersebut?

Dalam artikel ini kita akan membahas seputar badan usaha yayasan, mulai dari pengertian, dasar hukum, hingga tujuan pendiriannya.

Pastikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas agar kamu bisa mendapatkan informasi terkait yayasan ini secara maksimal.

Pengertian

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘yayasan’ bisa didefinisikan sebagai badan hukum yang didirikan untuk tujuan sosial (mengusahakan layanan dan bantuan seperti sekolah, rumah sakit).

Penjelasan ini tidak jauh berbeda dengan pemaparan yang ada dalam Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa yayasan merupakan sebuah badan hukum yang tersusun dari kekayaan baik harta maupun lainnya yang dipisahkan dan bertujuan untuk dapat mencapai sebuah tujuan tertentu dalam beberapa bidang, seperti bidang sosial, bidang kemanusiaan, dan bidang keagamaan yang tidak memiliki anggota.

Dari kedua penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa yayasan merupakan salah satu badan usaha berlandaskan hukum yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan, dan keagamaan yang tidak bertujuan untuk mencari keuntungan atau profit dalam aktivitasnya.

Dasar Hukum Yayasan

Ilustrasi dasar hukum yayasan (Pixabay/VBlock)

Adapun beberapa landasan hukum yang mengatur tentang badan usaha yayasan di Indonesia adalah.

  1. Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.
  2. Undang-undang (UU) Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.
  3. Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 2 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengajuan Permohonan Pengesahan Badan Hukum dan Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Serta Penyampaian Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar dan Perubahan Data Yayasan.
  4. Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemblokiran dan Pembukaan Pemblokiran Akses Sistem Administrasi Badan Hukum Yayasan dan Perkumpulan.

Tujuan dan Fungsi Yayasan

Terdapat beberapa tujuan dan fungsi dari sebuah badan usaha yang berbentuk yayasan, seperti.

1. Meningkatkan dan Memberikan Perlindungan Kesejahteraan bagi Masyarakat

Tujuan pertama dari dibentuknya yayasan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat agar bisa menjadi lebih baik.

Selain itu, yayasan juga bertujuan untuk memberikan perlindungan kesejahteraan bagi masyarakat terhadap hak-hak yang mereka miliki.

2. Wadah Non Profit

Yayasan merupakan sebuah wadah non profit yang tidak berorientasi pada keuntungan yang ingin dicapai.

Dengan demikian, yayasan bisa menjadi wadah yang tepat bagi kamu yang ingin mengabdi dan memberikan manfaat baik bagi masyarakat banyak.

3. Pelayanan Sosial

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, tujuan dari sebuah badan usaha berbentuk yayasan bisa menjadi wujud pelayanan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

Jasa Pembuatan PT yang Aman dan Terpercaya Bersama AdminKita

Nah, bagi kamu yang masih kesulitan dalam proses pendirian usaha, sekarang sudah ada layanan Jasa Pembuatan PT bersama AdminKita yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Jasa pembuatan PT bersama AdminKita dijamin aman dan terpercaya.

Dengan memanfaatkan layanan ini, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam proses pendirian usaha, termasuk juga pengurusan perizinannya.
Langsung saja hubungi kontak yang ada di bawah ini dan buktikan kemudahan mendirikan usaha bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!