fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

KBLI 71101 Untuk Perizinan Aktivitas Arsitektur

Apakah kamu sudah tahu kode KBLI 71101 diperuntukkan untuk jenis usaha apa?

KBLI 71101 merupakan salah satu nomor kode yang bisa digunakan untuk pelaku usaha dalam mengurus perizinan bisnis yang dijalankan.

Perlu kamu ketahui, KBLI atau Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia merupakan kode nomor yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik untuk memudahkan pelaku usaha dalam mengelompokkan jenis bisnis yang mereka jalankan ketika mengurus perizinan.

Hal ini sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang mewajibkan setiap usaha dengan risiko menengah tinggi mengurus perizinannya.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar KBLI 71101, pastikan untuk membaca artikel ini hingga bagian akhir ya.

KBLI Perizinan Aktivitas Arsitektur

Ilustrasi KBLI 71101 untuk perizinan arsitektur (Pixabay/borevina)

KBLI 71101 merupakan kode klasifikasi yang diperuntukkan bagi aktivitas usaha yang bergerak di bidang arsitektur.

Kode KBLI ini mencakup pada bidang usaha jasa perancangan gedung dan drafting, jasa arsitektur perencanaan perkotaan dan landscape, jasa arsitektur bangunan bersejarah, dan jasa inspeksi gedung bangunan.

Terdapat enam subklasifikasi yang termasuk dalam kode KBLI ini, yakni.

  1. AL003 untuk layanan usaha terkait kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan dan manajemen penyelenggaraan konstruksi terkait pengembangan perkotaan.
  2. AL002 untuk layanan usaha terkait kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan dan manajemen penyelenggaraan konstruksi terkait penataan ruang wilayah termasuk audit pemanfaatan wilayah dan pengaturan zonasi mencakup darat, laut, udara, dan di dalam bumi termasuk kawasan koridor pulau, kawasan strategis nasional/ provinsi/ kabupaten/kota, kawasan andalan, kawasan permukiman dan kawasan ruang terbuka publik/terbuka hijau.
  3. AL001 untuk layanan usaha terkait kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan dan manajemen penyelenggaraan konstruksi terkait kebijakan strategis operasional rencana tata ruang
  4. AR002 layanan usaha kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan dan manajemen penyelenggaraan konstruksi bangunan khusus seperti bangunan cagar budaya, bangunan museum, banqunan riset dan teknologi, monumen, banqunan sipil, dan banqunan khusus yang sejenis lainnya.
  5. AR001 untuk Kelompok in mencakup layanan usaha kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan dan manajemen penyelenggaraan konstruksi serta jasa nasihat dan pra desain arsitektural.
  6. AL004 untuk layanan usaha terkait kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan dan manajemen penyelenggaraan konstruksi terkait pengembangan aesthetic landscaping untuk taman, lahan komersial dan permukiman.

Pastikan untuk memilih kode KBLI yang sesuai dengan usaha yang dijalankan agar kamu bisa terhindar dari berbagai macam sanksi, seperti teguran, surat tertulis, dan pencabutan izin operasi.

Prosedur Pengurusan Perizinan KBLI 71101

Pelaku usaha mesti mempersiapkan beberapa persyaratan terlebih dahulu sebelum mengurus prosedur perizinan, seperti.

  1. Data pelaku usaha.
  2. Data bidang usaha.
  3. Data detail bidang usaha.
  4. Data produk atau jasa bidang usaha.

Setelah mempersiapkan persyaratan tersebut, maka prosedur perizinan yang harus dijalani adalah.

  1. Mendaftar di laman OSS.
  2. Memasukkan data persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Pihak penyelenggara akan mengidentifikasi dan mengirimkan tombol aktivasi lewat email pribadimu.

Jasa Pengurusan SIUJK untuk Usaha Arsitektur

Selain memiliki kode KBLI, terdapat dokumen lain yang mesti kamu persiapkan agar usaha yang dijalankan, khususnya di bidang arsitektur bisa beroperasi secara legal.

Dokumen tersebut adalah SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi.

Surat ini diperlukan bagi para pelaku usaha konstruksi agar perusahaan yang dimiliki bisa mengerjakan sebuah proyek agar sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Sekarang kamu tidak perlu ambil pusing lagi dalam mengurus dokumen tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan Jasa Pengurusan SIUJK yang ada di AdminKita.

Dengan memanfaatkan layanan ini, tim AdminKita akan membantumu dalam mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha konstruksi.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan beberapa sertifikat terkait, seperti Sertifikat Badan Usaha, Sertifikat Kompetensi Kerja, Kartu Tanda Anggota Asosiasi, dan Sertifikat Standar Terverifikasi.
Segera hubungi kontak yang ada di bawah ini dan manfaatkan kesempatan untuk mendapatkan SIUJK secara mudah dan cepat bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!