fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

PKKPR Adalah Singkatan dari Apa? Berikut Ulasannya

PKKPR adalah singkatan dari apa berikut pengertian dan fungsinya

Tahukah kamu apa itu PKKPR? Secara harfiah PKKPR adalah singkatan dari Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang. Jika kamu memiliki sebuah perusahaan dan ingin membangun bangunan untuk lokasi usaha tersebut, maka penting untuk mengetahui informasi terkait PKKPR ini.

Sebab PKKPR merupakan dokumen penting yang perlu dipersiapkan oleh para pelaku usaha yang ingin mendirikan sebuah bangunan untuk bisnis yang dijelaskan. Oleh sebab itu, penting bagi kamu para pelaku usaha untuk mengetahui informasi ini agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pengerjaan nantinya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa informasi terkait PKKPR, mulai dari pengertian hingga fungsinya. Pastikan untuk membaca artikel berikut hingga bagian akhir agar setiap informasi bisa kamu dapatkan secara keseluruhan.

Pengertian dan Penjelasan Umum

Ilustrasi PKKPR adalah (Pixabay/Canva)

PKKPR atau Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha yang ingin mendirikan bangunan untuk bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini sesuai dengan apa yang tertera di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

Jika dilihat berdasarkan definisinya, PKKPR bisa diartikan sebagai dokumen yang menyatakan kesesuaian antara rencana kegiatan pemanfaatan tata ruang dengan rencana tata ruang selain rencana detail tata ruang.

Secara umum, PPKPR ini ditujukan bagi perusahaan yang bergerak di skala menengah dan skala besar. Bagi kamu yang memiliki usaha dalam skala ini, bisa mengurus dokumen PKKPR di Online Single Submission atau OSS.

Fungsi PKKPR

Pada dasarnya, PKKPR ini berfungsi sebagai acuan dalam perencanaan ruang yang diatur oleh pemerintah daerah. Dengan memiliki PKKPR ini, maka bangunan yang kamu dirikan nantinya akan mendapatkan kepastian hukum karena sudah diberikan persetujuan sebelumnya.

Fungsi lain dari dokumen ini adalah untuk menjamin keamanan dan kesehatan lingkungan yang ada di sebuah wilayah. Sebab, dokumen ini memperhatikan kemungkinan dari dampak yang diberikan oleh sebuah usaha terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

Terakhir, dokumen ini berfungsi sebagai penjamin keberlangsungan sebuah usaha. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha agar bisa menjalankan aktivitas perusahaannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dengan demikian, bangunan untuk usaha yang kamu jalankan bisa berlangsung secara legal dan sesuai dengan ketentuannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu usaha tersebut akan diberhentikan dengan alasan tidak memiliki dokumen ini sebelumnya.

Jasa Pembuatan PT yang Aman dan Terpercaya

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa PKKPR merupakan dokumen yang wajib kamu miliki ketika ingin mendirikan bangunan untuk usaha yang sedang dijalankan, baik itu dalam bentuk PT maupun yang lainnya.

Bagi kamu yang berkeinginan untuk mendirikan usaha dalam bentuk PT, tetapi terkendala dengan prosedur yang mesti dijalankan, bisa memanfaatkan Jasa Pembuatan PT bersama AdminKita untuk mengatasi masalah tersebut.

Layanan dari AdminKita ini terjamin aman dan terpercaya. Ketika memanfaatkan layanan ini, kamu akan mendapatkan pendampingan dari tim AdminKita dalam proses pendirian PT.

Kamu bisa menghubungi kontak yang ada di bawah ini untuk berkonsultasi dan rasakan manfaat dari layanan jasa pembuatan PT bersama AdminKita

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!