fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Cara Membuat Pembukuan Usaha untuk Bisnis Kecil

Cara Membuat Pembukuan Usaha Sederhana untuk Bisnis Kecil

Tahukah kamu bagaimana cara membuat pembukuan usaha? Bagi kamu yang tengah menjalankan sebuah bisnis penting untuk mengetahui cara membuat pembukuan bisnis ini.

Sebab pembukuan akan memudahkanmu dalam mengatur manajemen keuangan yang ada di bisnis yang sedang dijalankan. Selain itu, semua aktivitas yang dilakukan bisa tertata dengan rapi ketika melakukan pembukuan ini.

Kali ini kita akan membahas informasi seputar cara membuat pembukuan usaha secara sederhana. Bagi kamu yang memiliki usaha, khususnya dalam skala kecil atau UMKM, pastikan untuk membaca artikel berikut hingga bagian akhir agar bisa mendapatkan semua informasi secara keseluruhan.

Mengenal Apa Itu Pembukuan Usaha?

Ilustrasi cara pembukuan usaha (Pixabay/Flyfin)

Sebelum mengetahui langkah-langkah membuat pembukuan, kamu mesti memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pembukuan dalam sebuah bisnis. Secara umum, pembukuan usaha merupakan proses pencatatan atas semua kegiatan yang berlangsung dalam sebuah bisnis.

Pencatatan yang ada dalam pembukuan ini bisa mencakup banyak hal, mulai dari transaksi yang dilakukan, stok ketersediaan barang, hingga inventaris yang dimiliki. Pembukuan usaha ini sangat penting untuk dilakukan, terlebih bagi kamu yang menjalankan bisnis UMKM.

Sebab pembukuan ini bisa mempermudahmu dalam mengatur manajemen keuangan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah mengidentifikasi keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas usaha tersebut.

Cara Membuat Pembukuan Usaha Sederhana

Terdapat enam cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pembukuan usaha secara sederhana, yakni.

1. Membuat Catatan Pengeluaran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat catatan pengeluaran. Seperti namanya, catatan ini akan merekam semua pengeluaran yang ada dalam usaha yang sedang kamu lakukan.

Pengeluaran dalam usaha ini bisa berbentuk biaya operasional, pembelian bahan baku, hingga gaji karyawan.

2. Membuat Catatan Pemasukan

Selain pengeluaran, kamu juga wajib untuk membuat catatan pemasukan. Catatan ini akan merekam semua pemasukan yang didapatkan dari aktivitas usaha yang dijalankan.

Pemasukan ini bisa berupa hasil penjualan produk sehari-hari hingga pelunasan piutang dari pihak lain.

3. Membuat Buku Kas Utama

Cara berikutnya yang mesti kamu lakukan dalam melakukan pembukuan usaha adalah membuat buku kas utama dari bisnis yang dijalankan. Buku kas ini akan menggabungkan catatan pemasukan dan pengeluaran yang sudah dituliskan sebelumnya.

Buku kas ini nantinya akan berfungsi ketika kamu ingin mengatur perencanaan selanjutnya untuk meraih keuntungan yang lebih maksimal.

4. Membuat Buku Stok Barang

Kamu juga harus membuat buku stok barang yang ada di usaha masing-masing. Pembukuan ini berfungsi untuk mengidentifikasi ketersediaan barang yang dibutuhkan untuk proses produksi sebuah bisnis, sehingga tidak kehabisan pada saat dibutuhkan.

5. Membuat Buku Inventaris

Selain stok barang, kamu juga mesti memiliki pembukuan terkait inventaris yang ada di sebuah usaha. Pembukuan inventaris ini bisa berkaitan dengan barang-barang maupun alat yang kamu gunakan dalam proses produksi sehari-hari.

6. Membuat Pembukuan Laba Rugi

Pembukuan terakhir yang penting kamu persiapkan dalam sebuah usaha adalah buku laba rugi. Dari pembukuan inilah kamu akan mengetahui apakah bisnis yang dijalankan mendapatkan untuk atau malah rugi pada periode waktu tertentu.

Jasa Pembukuan Perusahaan yang Aman dan Mudah

Itulah beberapa cara membuat pembukuan usaha yang bisa kamu ketahui. Dari penjelasan di atas bisa kamu lihat bahwa banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika melakukan pembukuan bisnis ini.

Bagi kamu yang tidak ingin ambil pusing akan hal tersebut, bisa memanfaatkan Jasa Pembukuan Perusahaan yang ada di AdminKita untuk mengatasi permasalahan yang tengah dialami. Dengan menggunakan layanan ini, kamu akan dibantu oleh tim AdminKita untuk membuat pembukuan dari bisnis yang dimiliki, sehingga tidak perlu menghabiskan waktu banyak ketika melakukan proses tersebut.

Langsung saja hubungi kontak yang ada di bawah ini untuk berkonsultasi dan manfaatkan kemudahan dalam membuat pembukuan bisnis bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!