fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Ada Kendala Saat Mengisi Deskripsi Kegiatan Usaha di OSS? Coba Lakukan Ini!

Cara mengisi deskripsi kegiatan usaha di oss yang tidak muncul

Semua pengajuan perizinan usaha saat ini melalui sistem Online Single Submission (OSS) yang lebih mudah dan cepat. Namun meski begitu beberapa orang mengalami kendala saat mengisi deskripsi kegiatan usaha di OSS-RBA.

Bagi kamu yang masih bingung dalam mengisi deskripsi kegiatan usaha di OSS, kamu bisa simak artikel ini sampai habis. Karena kita akan membahas beberapa pertanyaan dan kendala saat mengisi deskripsi kegiatan usaha di OSS beserta solusinya!

Deskripsi Kegiatan Usaha di OSS Tidak Muncul

Banyak pertanyaan yang sering muncul terkait deskripsi kegiatan usaha di OSS-RBA yang tidak muncul. Tentu saja ini akan menghambat proses pengajuan perizinan usaha kamu. Namun kamu tidak perlu khawatir karena solusi dari permasalahan ini sangatlah sederhana.

Bila deskripsi kegiatan usaha di oss tidak muncul atau kolom untuk mengisi tidak bisa diklik, kamu perlu lebih teliti lagi pada proses sebelumnya. Coba cek kembali apakah semua data yang harus kamu masukkan sudah lengkap semua? 

Bisa jadi ada beberapa data yang belum kamu isi pada saat pengisian data pelaku usaha maupun pengisian data usaha. Sehingga tidak bisa mengisi jumlah tenaga kerja dan deskripsi aktivitas usaha di OSS. Untuk mengatasi ini, kamu perlu mengisi semua data sesuai dengan kondisi riil yang ada di perusahaanmu.

Atau jika setelah kamu cek, semua data sudah komplit terisi, bisa jadi penyebab lainnya adalah belum melakukan validasi resiko saat proses pengajuan usaha.  Kamu perlu klik validasi risiko untuk mengetahui tingkat risiko usaha kamu.

Cara Mengisi Deskripsi Kegiatan Usaha di OSS

Bila kamu sudah melakukan validasi resiko maka akan muncul centang hijau yang menampilkan skala usaha serta tingkat risiko usaha seperti gambar di atas. Lalu selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengisi deskripsi kegiatan usaha di OSS tersebut?

Untuk permasalahan ini kamu tinggal mengklik pilih kriteria kegiatan usaha. Nantinya saat proses pengajuan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PB UMKU), akan tertera apakah wajib mengunggah dokumen persyaratan atau tidak.

Dokumen persyaratan tersebut akan disesuaikan dengan kode KBLI yang sesuai bidang usaha dan berbeda-beda setiap nomornya. Jika wajib mengunggah dokumen persyaratan kamu bisa mengunggahnya sesuai dengan kolom unggah yang ada.

Sebagai contoh gambar di atas. Jika usaha kamu adalah Pabrik Bahan Peledak, maka untuk deskripsi kegiatan usaha diisi dengan cara mengunggah dokumen terkait. Seperti Rekomendasi pendirian pabrik, surat pernyataan adanya ketersediaan bahan baku, desain teknologi proses produksi yang akan digunakan, dan banyak lainnya.

Urus Perizinan Usaha di OSS Anti Ribet

Mengurus perizinan berusaha di OSS memang lebih sulit bagi beberapa bidang usaha tertentu. Namun kamu bisa mempercayakan Jasa Pembuatan NIB OSS dan Jasa Pembuatan PT dari AdminKita. Kami siap membantu semua proses legalitas berusaha dan perizinan berusaha kamu dari A sampai Z.

Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada Tim AdminKita mengenai permasalahan legalitas dan perizinan usaha. Kami selalu fast response dalam menjawab dan memberi solusi terbaik bagi bisnis kamu! Yuk, buruan klik tombol di bawah ini!

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Konsultasi Gratis untuk perusahaan kamu. Jasa Pembuatan PT & CV