fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Apa Saja Fungsi dan Manfaat Label Kemasan Produk?

Fungsi dan Manfaat Label Kemasan Produk

Label kemasan produk merupakan salah satu hal penting yang wajib kamu perhatikan ketika sedang menjalankan sebuah usaha. Apakah kamu sudah mengetahui apa saja fungsi dan manfaat dari label kemasan produk tersebut?

Jika kamu masih asing dengan informasi yang satu ini tidak perlu khawatir. Sebab kamu bisa menemukan jawaban yang dibutuhkan dalam ulasan artikel berikut.

Kali ini kita akan mengulas berbagai macam fungsi dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari label produk ini. Namun sebelum mengupas hal ini lebih mendalam, simak terlebih dahulu penjelasan pada bagian berikut.

Penjelasan Umum

Ilustrasi fungsi label produk (Pixabay/stevepb)

Secara umum, label kemasan produk bisa didefinisikan sebagai bagian dari sebuah barang yang di dalamnya berisi berbagai macam keterangan terkait informasi terhadap produk tersebut. Informasi yang tertera dalam label kemasan ini berfungsi agar konsumen bisa memahami sebuah barang yang akan konsumen beli secara keseluruhan.

Terdapat beberapa hal yang biasanya akan kamu temukan dalam label kemasan ini, seperti.

  1. Nama produk.
  2. Keterangan bahan baku.
  3. Komposisi dan nilai gizi.
  4. Berat bersih.
  5. Nama dan alamat pabrik atau perusahaan.
  6. Tanggal kadaluarsa produk.
  7. Kode produksi.
  8. Cara penyajian dan penyimpanan pangan.
  9. Informasi legalitas, seperti nomor BPOM dan keterangan halal.

Fungsi dan Manfaat Label Kemasan Produk

Banyak fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelaku usaha dari label kemasan ini. Pada umumnya, label kemasan berfungsi untuk memberikan informasi terkait barang yang kamu jual agar bisa diketahui oleh khalayak luas.

Adapun beberapa fungsi dari label produk adalah.

  1. Menjadi identifikasi dari sebuah produk.
  2. Menentukan kelas dari sebuah produk
  3. Menjadi sarana promosi produk dengan penggunaan gambar yang menarik.
  4. Informasi terkait sebuah produk, mulai dari produsen, tempat produksi, isi produk, hingga cara menggunakan.

Selain fungsi di atas, terdapat beberapa tujuan mengapa hal ini cukup penting diperhatikan oleh para pelaku usaha. Tujuan pemberian label kemasan ini di antaranya.

  1. Menjelaskan informasi terkait isi dalam sebuah produk tanpa perlu membukanya.
  2. Sarana komunikasi produsen dengan para konsumen. Produsen bisa menjelaskan hal-hal yang penting diketahui oleh para konsumen, seperti bahan-bahan, cara menggunakan, dan lainnya.
  3. Menjadi acuan dan petunjuk kepada konsumen agar bisa merasakan manfaat dari produk yang akan dibeli.
  4. Media iklan dan promosi bagi sebuah produk.
  5. Menjamin rasa aman bagi setiap konsumen. Sebab pada bagian ini akan tercantum nomor BPOM dari produk tersebut. Dengan demikian, konsumen tidak perlu khawatir dengan keamanan dari produk yang dibelinya.

Jasa Pengurusan BPOM di AdminKita

Dari penjelasan di atas bisa kamu lihat bahwa salah satu tujuan dari adanya label kemasan produk adalah agar bisa memberikan rasa aman bagi para konsumen. Rasa aman ini bisa muncul dengan adanya nomor BPOM yang ada di barang yang kamu jual kepada para konsumen.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengurus nomor BPOM ini untuk produk yang dijual secara luas. Selain memberikan rasa aman bagi konsumen, produk yang kamu jual nantinya juga akan mendapatkan perlindungan hukum yang jelas ketika mengurus nomor BPOM ini.

Bagi kamu yang tidak ingin ambil pusing dalam mengurus prosedur pengajuan, bisa memanfaatkan Jasa Pengurusan BPOM yang ada di AdminKita. Dengan memanfaatkan layanan ini, kamu akan dibantu oleh tim AdminKita yang profesional, sehingga tidak perlu khawatir mengalami kesalahan dalam proses pengurusan nantinya.

Segera hubungi kontak yang ada di bawah ini dan rasakan manfaat dan kemudahan dalam mengurus nomor BPOM bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!