fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Hampir Mirip! Ini Perbedaan Amdal dan Andal

Hampir Mirip! Ini Perbedaan Amdal dan Andal

Apakah kamu sedang mengurus perizinan berusaha di OSS? Kamu pasti akan sering mendengar istilah Amdal dan Andal. Meskipun sekilas terlihat mirip, sebenarnya Amdal maupun Andal merupakan dua hal yang memiliki perbedaan.

Bagi kamu yang belum tahu dan masih asing dengan kedua istilah ini tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini kamu akan mengetahui ulasan lengkap tentang kedua istilah ini, mulai dari pengertiannya hingga perbedaannya.

Simak pembahasan artikel ini hingga bagian akhir agar kamu bisa mendapatkan seluruh informasi dengan seutuhnya ya.

Apa Itu Amdal?

Penjelasan tentang Amdal maupun Andal, serta istilah lainnya yang berkaitan dengan lingkungan hidup secara keseluruhan diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dilansir dari laman Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, pengertian dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan yang merupakan kepanjangan amdal adalah sebuah konsep yang mempelajari dampak sebuah pembangunan terhadap lingkungan, begitupun sebaliknya.

Konsep Amdal ini akan mempelajari hubungan timbal balik antara pembangunan dengan lingkungan dan dampak-dampak yang ditimbulkannya.

Biasanya amdal ini ditujukan dalam proses perencanaan sebuah program maupun proyek. Penerapan Amdal ini diharapkan bisa menjaga kondisi lingkungan agar tidak mendapatkan dampak buruk dari pendirian sebuah perusahaan maupun proyek.

Apa itu Andal?

Andal merupakan singkatan dari Analisis Dampak Lingkungan Hidup yang bisa didefinisikan sebagai pemeriksaan secara detail dan mendalam tentang dampak yang dihasilkan dari sebuah rencana usaha maupun kegiatan lainnya.

Pada dasarnya, Andal merupakan bagian dari amdal bersama Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup atau RKL dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup atau RPL.

Perbedaan Amdal dan Andal

Ilustrasi perbedaan amdal dan andal (Pexels/Felix Mittermeier)

Terdapat tiga perbedaan mendasar antara kedua hal ini, yakni.

1. Komponen

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, andal merupakan salah satu komponen dokumen yang ada di dalam Amdal.

Dokumen andal ini diperlukan untuk telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak penting dari sebuah rencana usaha dan kegiatan.

2. Tujuan

Pada dasarnya tujuan Amdal maupun Andal berada dalam garis yang sama. Sebab bagaimanapun juga Andal merupakan salah satu dokumen yang termasuk dalam komponen Amdal.

Meskipun demikian terdapat sedikit perbedaan, di mana Andal akan jauh lebih fokus dalam mengetahui berapa besar dampak lingkungan yang diakibatkan dari sebuah pembangunan.

Hal ini nantinya akan berfungsi sebagai bahan evaluasi terhadap dampak lingkungan hidup yang mungkin terjadi akibat sebuah kegiatan usaha maupun pembangunan.

3. Ruang Lingkup

Perbedaan terakhir dari kedua hal ini terletak pada ruang lingkupnya. Secara umum Amdal memiliki ruang lingkup yang jauh lebih luas jika dibandingkan dengan andal.

Ruang lingkup amdal tidak hanya berfokus pada sumber daya alam saja, tetapi juga mencakup dalam hal sosial, budaya, ekonomi, dan aspek lainnya.

Di sisi lain, ruang lingkup andal jauh lebih sempit, hanya berfokus pada analisis dampak lingkungan fisik dan biologis saja.

Jasa Pembuatan PT di AdminKita

Dari penjelasan di atas bisa dilihat bahwa dalam pendirian sebuah proyek maupun perusahaan diperlukan perhatian khusus terhadap amdal dan andal dalam proses perizinannya.

Hal ini bertujuan agar kondisi lingkungan bisa tetap terjaga tanpa menghalangi proses pendirian sebuah perusahaan.

Nah, bagi yang ingin mendirikan perusahaan tetapi masih bingung dengan proses perizinannya, kamu bisa memanfaatkan Jasa Pembuatan PT dari AdminKita.

Dengan memanfaatkan jasa pembuatan PT dari AdminKita, kamu bisa mengurus perizinan usaha dengan mudah dan cepat.

Kamu bisa menghubungi kontak di bawah ini untuk berkonsultasi dengan tim AdminKita dan memanfaatkan jasa pembuatan PT yang tersedia.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Konsultasi Gratis untuk perusahaan kamu. Jasa Pembuatan PT & CV