fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Hampir Mirip! Ini Perbedaan Label dan Merek

Perbedaan Label dan Merek

Label dan merek merupakan salah satu hal yang mesti kamu perhatikan ketika menjalankan sebuah usaha. Apalagi jika kamu menjalankan usaha yang menawarkan produk barang atau jasa, maka label dan merek menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan.

Meskipun sekilas terlihat sama, sebenarnya label dan merek ini merupakan dua hal berbeda. Terdapat sedikit perbedaan antara kedua jenis istilah ini.

Penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan antara kedua hal ini agar tidak salah ketika ingin menentukan nantinya dalam perusahaan yang sedang dijalankan. bagi kamu yang masih asing dengan kedua istilah tersebut tidak perlu khawatir.

Dalam artikel ini kita akan mengulas informasi terkait perbedaan kedua hal tersebut. Oleh sebab itu, pastikan untuk membaca tuntas artikel ini hingga bagian akhir agar tidak ada satupun informasi yang terlewat.

Penjelasan Umum

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan antara label dan merek, kamu mesti mengetahui terlebih dahulu definisi dan penjelasan umum terkait dua istilah ini. Label merupakan informasi yang dicantumkan dalam sebuah produk. Informasi yang tercantum ini bisa berupa tulisan maupun gambar.

Biasanya label ini digunakan untuk memberikan informasi seputar rincian dari produk tersebut, mulai dari nama, deskripsi, bahan, petunjuk, dan lainnya. Pada dasarnya label digunakan untuk tujuan yang praktis, informasional, dan pencitraan dari sebuah produk.

Di sisi lain, merek merupakan identitas dari sebuah produk yang membedakannya dengan barang lainnya. Secara sederhana, merek ini bisa juga disebut sebagai nama yang digunakan sebagai identitas pengenal dari sebuah produk yang ada.

Merek ini biasanya digunakan sebagai penanda agar sebuah produk bisa dikenali dengan mudah oleh para konsumen. Unsur-unsur yang terdapat dalam merek ini bisa berupa nama, gambar, hingga angka.

Perbedaan Label dan Merek

Ilustrasi label merek (Pixabay/NoName_13)

Secara umum, label dan merek sebenarnya sama-sama memberikan informasi terkait sebuah produk. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang membedakan kedua istilah ini, seperti.

1. Tujuan Label dan Merek

Label berfungsi untuk memberikan informasi yang spesifik terkait sebuah produk. Sementara itu, merek berfungsi sebagai identitas dari produk tersebut agar bisa dikenali oleh orang lain.

2. Cakupan

Cakupan dari label biasanya meliputi informasi spesifik terkait sebuah produk, petunjuk penggunaan, hingga peringatan keselamatan. Sementara itu, cakupan merek biasanya berkaitan dengan konsep pemasaran dari produk tersebut.

3. Komponen

Komponen yang ada di dalam label biasanya meliputi nama produk, deskripsi, bahan, dan lainnya. Di sisi lain, komponen yang bisa kamu temukan dalam merek adalah nama merek, logo, warna, dan sejenisnya.

4. Fungsi Label dan Merek

Perbedaan berikutnya dari kedua istilah ini terletak pada fungsinya. Label berfungsi untuk memberikan informasi terkait sebuah produk kepada para konsumen.

Sementara itu, merek berfungsi untuk memengaruhi konsumen dengan mengetahui identitas yang dimiliki oleh produk tersebut.

5. Contoh

Kamu juga bisa melihat contoh dari masing-masing istilah ini agar lebih mudah dalam memahami perbedaannya. Contoh dari label yang bisa kamu temui adalah label nutrisi di produk makanan, label peringatan pada produk barang berbahaya, hingga label perawatan kain pada pakaian.

Sementara itu, beberapa merek yang bisa kamu jumpai pada saat ini adalah Samsung, Uniqlo, CFC, dan lainnya.

Jasa Pendaftaran Merek yang Aman dan Terpercaya Bersama AdminKita

Selain menentukan merek, kamu juga mesti mendaftarkan nama yang akan digunakan pada perusahaan yang dimiliki tersebut. Hal ini berfungsi agar nama merek yang kamu miliki bisa memiliki perlindungan hukum, sehingga tidak bisa digunakan oleh pihak lain tanpa sepengetahuanmu.

Kamu bisa dengan mudah mengurus hal ini secara aman dan terpercaya dengan memanfaatkan Jasa Pendaftaran Merek yang ada di AdminKita. Dengan memanfaatkan layanan ini, kamu akan dibantu oleh tim AdminKita dalam proses pengurusan, sehingga bisa menghemat waktu produktif yang dimiliki.

Langsung saja hubungi kontak yang ada di bawah ini dan rasakan kemudahan dalam mengurus pendaftaran merek yang kamu miliki bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!