fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Nomor Kelas Merek 29: Jenis Produk yang Termasuk

Nomor Kode Kelas Merek 29

Tahukah kamu jenis produk apa saja yang termasuk ke dalam nomor kelas merek 29? Bagi kamu yang ingin melakukan pendaftaran merek tentu mesti mengetahui informasi yang satu ini.

Sebab setiap nomor merek akan memiliki peruntukan produk yang berbeda-beda. Oleh sebab itu jangan sampai salah dalam menentukan kode atau nomor agar proses pendaftaran merek bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Kali ini kita akan membahas beberapa informasi terkait nomor kelas merek 29 termasuk jenis produk yang terdapat di dalamnya. Namun sebelum mengetahui hal ini lebih jauh, simak terlebih dahulu penjelasan terkait nomor kelas merek beserta jenis produknya pada bagian berikut.

Penjelasan Umum dan Pembagian Kelompok

Ilustrasi kelas merek 29 (Pixabay/Aymanejed)

Merek dagang merupakan salah satu hal yang wajib kamu perhatikan ketika menjalankan sebuah usaha. Merek dagang ini bisa menjadi identitas utama agar usaha yang sedang kamu jalankan bisa dikenali dengan mudah oleh para konsumen.

Penting bagi kamu untuk mengurus pendaftaran merek dagang yang digunakan tersebut. Hal ini bertujuan agar merek yang kamu gunakan memiliki perlindungan hukum dan legalitas yang jelas, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam kemungkinan yang tidak diinginkan nantinya.

Dalam proses pendaftaran inilah, nomor atau kode kelas merek menjadi salah satu hal yang patut untuk diperhatikan. Secara umum, nomor kelas merek ini merupakan pengelompokkan atas sebuah bidang usaha yang dijalankan merek bersangkutan yang ada di Indonesia.

Penggunaan kode kelas merek ini juga bisa menjadi perlindungan hukum bagi merek tersebut. Landasan hukum terkait nomor kelas merek ini sendiri bisa kamu temukan dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek.

Terdapat 45 kelas merek yang digunakan di Indonesia hingga saat ini. Dalam prakteknya, nomor kelas merek ini nantinya ditujukan untuk dua kelompok usaha yang berbeda. 

Kelompok pertama ditujukan bagi bidang usaha yang menjual sebuah barang atau produk dalam aktivitasnya. Kelompok ini dikategorikan dalam nomor kelas merek dari 1 hingga 34.

Di sisi lain, kelompok kedua ditujukan untuk usaha yang memberikan layanan jasa dalam aktivitasnya. Kelompok ini dikategorikan dalam nomor kelas merek dari 34 hingga 45.

Jenis Produk Nomor Kelas Merek 29

Nomor kelas merek 29 merupakan salah satu kode nomor kelas merek yang ada di Indonesia. Secara umum, nomor kelas merek ini ditujukan untuk produk makanan, minuman, hingga tembakau.

Adapun jenis produk yang termasuk ke dalam kelas merek 29 adalah.

  1. Daging
  2. Ikan, unggas, dan binatang buruan
  3. Sari daging
  4. Buah-buahan dan sayuran yang diawetkan, dibekukan, dikeringkan, dan dimasak
  5. Jeli
  6. Selai
  7. Saus buah-buahan
  8. Telur
  9. Susu dan produk olahan susu
  10. Minyak dan lemak yang dapat dimakan

Jasa Pendaftaran Merek yang Mudah dan Terpercaya

Itulah daftar jenis produk yang termasuk dalam nomor kelas merek 29. Bagi kamu yang masih kebingungan dalam menentukan nomor kelas merek yang tepat, tidak perlu khawatir.

Kamu bisa menggunakan Jasa Pendaftaran Merek yang mudah dan terpercaya yang ada di AdminKita untuk mengatasi masalah tersebut. Nantinya kamu akan mendapatkan pendampingan dari tim AdminKita, sehingga meminimalisir kesalahan dalam menentukan kode kelas merek yang tepat.

Selain itu dengan memanfaatkan layanan ini, merek yang kamu ajukan memiliki peluang besar untuk diterima dengan besaran potensi sebesar 98%. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi kontak yang ada di bawah ini untuk berkonsultasi dan manfaatkan kemudahan dalam mendaftarkan merek bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!