fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Apa Saja Kekurangan Perseroan Terbatas?

apa saja kekurangan perseroan terbatas pt

Perseroan terbatas atau PT merupakan salah satu bentuk perusahaan yang bisa kamu jumpai di Indonesia. Apakah kamu sudah mengetahui apa saja kekurangan dari perusahaan yang berbentuk perseroan terbata?

Bagi kamu yang ingin mendirikan usaha dalam bentuk ini tentu perlu mengetahui informasi terkait hal tersebut. Selain mencari kelebihan yang bisa didapatkan, kamu juga wajib mengetahui kekurangan yang mungkin akan dialami ketika membentuk usaha dalam bentuk perseroan terbatas.

Dengan demikian kamu bisa mempertimbangkan secara matang ketika ingin membentuk usaha dalam bentuk ini. Jika kamu masih belum terlalu memahami apa saja kekurangan dari perusahaan dalam bentuk PT tidak perlu khawatir.

Kali ini kita akan membahas informasi terkait beberapa kekurangan dari perusahaan dalam bentuk perseroan terbatas. Oleh sebab itu, pastikan membaca artikel berikut hingga akhir agar kamu bisa mendapatkan setiap informasi yang dibutuhkan.

Penjelasan Umum

Sebelum mengetahui kekurangan dari perusahaan dalam bentuk PT, kamu mesti mengetahui definisi dari badan usaha yang satu ini terlebih dahulu. Secara umum, PT merupakan sebuah badan hukum usaha yang memiliki modal dalam bentuk saham.

Saham yang ada dari perusahaan dalam bentuk PT ini bisa dimiliki oleh banyak pihak. Saham yang ada di PT ini bisa diperjualbelikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Besaran saham yang dimiliki akan berpengaruh pada kepemilikan pemilik tersebut dalam sebuah perusahaan PT. Saham PT yang bisa diperjual belikan membuat kepemilikan usaha dalam bentuk PT bisa berubah-ubah tanpa perlu membubarkan usaha tersebut terlebih dahulu.

Kekurangan Perseroan Terbatas

Ilustrasi kekurangan perseroan terbatas (Pixabay/MagicDesk)

Lantas apa saja kekurangan dari perusahaan dalam bentuk PT ini? Berikut beberapa kekurangan dari perseroan terbatas yang bisa kamu ketahui, yakni.

1. Pendirian PT yang Memakan Waktu Lama

Proses pendirian PT memakan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan badan usaha lainnya. Terdapat beberapa prosedur yang mesti dilewati terlebih dahulu ketika mendirikan badan usaha ini.

2. Ketentuan Minimal Modal

Perusahaan dalam bentuk PT juga memiliki ketentuan minimal modal dalam proses pendiriannya. Besaran minimal modal ini sesuai dengan kesepakatan dari pendiri perusahaan.

3. Pajak PT

Pajak PT juga lebih besar jika dibandingkan dengan badan usaha lain. Hal ini disebabkan karena PT memiliki kedudukan badan hukum yang jelas.

4. Pembubaran PT yang Tidak Mudah Dilakukan

Pembubaran PT juga tidak bisa dengan mudah dilakukan begitu saja. Ketika ingin membubarkan diri, maka pembubaran PT ini wajib mengajukannya ke Kemenkumham.

5. Terikat Aturan Khusus

Perusahaan PT juga terikat oleh aturan hukum yang khusus. Sebab perusahaan PT yang berbadan hukum dilindungi oleh undang-undang khusus.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, perusahaan PT juga memiliki berbagai macam kelebihan. Misalnya kepemilikan harta pribadi akan jauh lebih aman ketika membentuk PT, sebab ada pemisahan yang pasti dengan harta perusahaan.

Selain itu, pendanaan perusahaan dalam bentuk PT akan lebih mudah dalam hal mengumpulkan modal. Sebab perusahaan PT bisa menjual saham ke pihak investor untuk menambah pendanaan.

Oleh sebab itu, perseroan terbatas bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mendirikan sebuah perusahaan yang berbadan hukum jelas.

Jasa Pembuatan PT untuk Perusahaan

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa prosedur yang mesti dilakukan ketika ingin mendirikan PT. Jika kamu tidak ingin ambil pusing dalam mengurus prosedur tersebut, bisa memanfaatkan Jasa Pembuatan PT yang ada di AdminKita.

Kamu akan mendapatkan pendampingan dari tim AdminKita yang sudah berpengalaman di bidangnya dalam mengurus pembuatan PT. Dengan demikian, kamu tidak perlu membuang banyak waktu produktif untuk mengurus pembuatan PT ini.

Langsung saja hubungi kontak yang ada di bawah ini dan manfaatkan kemudahan mendirikan PT bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!