fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Arti Kata YBDI dan YTDL dalam KBLI di OSS

arti kata ybdi dan ytdl dalam kbli

Ketika sedang mencari kode KBLI yang sesuai dengan kegiatan usaha kita di OSS, terdapat dua istilah yang sering kita jumpai. Dua istilah tersebut adalah YBDI dan YTDL. Lalu sebenarnya apakah arti kata dari YBDI dan YTDL tersebut?

Arti Kata YBDI dalam KBLI di OSS

YBDI adalah singkatan dari “Yang Berhubungan Dengan Itu”. Istilah ini cukup sering digunakan pada berbagai konteks semisal putusan Mahkamah Agung, dokumen-dokumen resmi pemerintah, dan juga pada Klasifikasi Baku Lapangan usaha Indonesia (KBLI).

Penggunaan istilah YBDI pada KBLI memiliki fungsi menjelaskan berbagai macam kegiatan usaha yang masih memiliki kaitan satu sama lain. Seperti contoh pada kode KBLI 63112 untuk aktivitas hosting dan YBDI.

Karena aktivitas hosting memiliki banyak turunan kegiatan usahanya seperti pengolahan email hosting, instalasi cpanel untuk keperluan hosting, dan banyak turunan atau spesifikasi kegiatan usaha lainnya. Maka penggunaan istilah YBDI adalah pilihan yang tepat untuk menggambarkan kegiatan yang masih berkaitan dengan aktivitas hosting.

Selain kode KBLI 63112, di OSS ada beberapa kode KBLI lain yang menggunakan istilah YBDI. Beberapa di antaranya adalah:

  • 96910 – Aktivitas Pemakaman Dan Kegiatan YBDI 
  • 79990 – Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL 
  • 50213 – Angkutan Sungai dan Danau untuk Wisata dan YBDI 
  • 46610 – Perdagangan Besar Bahan Bakar Padat, Cair Dan Gas Dan Produk YBDI

Arti Kata YTDL dalam KBLI di OSS

Selain YBDI, ada juga penggunaan istilah YTDL dalam KBLI di OSS. YTDL adalah singkatan dari Yang Tidak Termasuk Dalam Lainnya. Pengertian dari istilah YTDL adalah untuk mengelompokkan spesifikasi atau turunan kegiatan usaha yang tidak ada di kode KBLI sejenis.

Sebagai contoh adalah kode KBLI 43299 untuk Instalasi Konstruksi Lainnya YTDL. Di mana jika kita baca uraiannya, maka kode KBLI ini bisa digunakan untuk aktivitas usaha konstruksi bangunan sipil berupa pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan instalasi yang belum tercakup dalam KBLI sejenis pada kode 43291 hingga 43294.

Selain kode KBLI 43299, ada beberapa kode KBLI di OSS yang menggunakan istilah YTDL antara lain:

  • 47739 – Perdagangan eceran khusus barang baru lainnya ytdl
  • 94990 – Aktivitas Organisasi Keanggotaan Lainnya YTDL
  • 77399 – Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi Mesin, Peralatan dan Barang Berwujud Lainnya YTDL
  • 32903 – Industri Kerajinan YTDL
  • 79990 – Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL
  • 61999 – Aktivitas Telekomunikasi Lainnya YTDL

Anti Ribet Pilih Kode KBLI dan Izin Usaha

Meskipun sudah ada pengelompokkan berupa KBLI beserta uraian dan ruang lingkupnya, namun terkadang ada kesulitan untuk mengidentifikasi kode KBLI yang sesuai. Terutama jika spesifikasi kegiatan usaha kita tidak tercantum di situ.

Jika salah dalam memilih kode KBLI yang sesuai dengan kegiatan usaha kita, maka NIB tidak akan terbit dan kita harus mengurus perizinan usaha di OSS dari awal kembali.

Sebagai solusi kamu bisa menggunakan Jasa Pembuatan PT dari AdminKita. Yang mana tidak hanya membantu pendirian PT kamu, namun juga mengurus semua perizinan usaha di OSS dari A sampai Z.

Sehingga kamu tidak akan pusing lagi dalam menentukan kode KBLI yang sesuai dengan kegiatan usahamu.

Kamu bisa konsultasikan dulu kepada Tim AdminKita. Kami selalu fast response dalam menjawab dan memberi solusi terbaik bagi permasalahan perizinan dan legalitas usahamu.

Konsultasi gratis bisa klik tombol di bawah ini ya!

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!