fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Cara Cek SBU Konstruksi di OSS

Cara Cek dan Download SBU Konstruksi di OSS

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang bagaimana cara cek SBU di LPJK. Namun selain mengecek melalui situs LPJK, ternyata kita bisa cek dan mengunduh SBU Konstruksi melalui situs OSS di oss.go.id.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara cek dan mendownload SBUJK di OSS, kamu bisa simak artikel ini sampai habis. Kita akan membahas tuntas bagaiamana langkah mengecek dan mengunduh SBU Konstruksi melalui situs OSS.

Cara Cek SBU Konstruksi di OSS

Untuk mengecek status SBUJK melalui situs OSS, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Beberapa di antaranya seperti:

1. Login ke Akun OSS

Kamu bisa terlebih dahulu untuk login ke akun OSS dengan menggunakan Nomor Ponsel/Email/username/NIB dan memasukkan kata sandi akun terdaftar melalui situs ini https://ui-login.oss.go.id/login 

2. Klik Menu PB UMKU > Permohonan Baru

Setelah berhasil login, kamu bisa klik tulisan PB UMKU yang terdapat di bar menu bagian atas. Nantinya akan muncul sub menu berupa Permohonan Baru, Perubahan, dan Perpanjangan. Kamu bisa klik tulisan Permohonan Baru.

Selanjutnya nanti di Daftar Kegiatan Usaha kamu bisa mencari SBU yang ingin kamu cek dan unduh dengan memasukkan kode KBLI pada kolom pencarian seperti gambar di bawah ini:

Setelah memasukkan kode KBLI, nantinya akan muncul berbagai informasi seperti Lokasi Usaha, Data Usaha, Skala Usaha, Tingkat Risiko, Perizinan UMKU dan Status. 

Nah untuk bisa mengecek status SBU Konstruksi kamu bisa klik tombol warna hijau dengan tulisan “Proses Perizinan Berusaha UMKU”.

3. Status SBU di OSS Akan Muncul dan Bisa Kamu Download

Selanjutnya kamu bisa melihat informasi berbagai macam PB UMKU sesuai dengan kode nomor KBLI. Terkhusus untuk bidang konstruksi dengan tingkat risiko menengah, salah satu PB UMKU-nya adalah Sertifikat Badan Usaha (SBU) Konstruksi.

Kamu bisa melihat mengenai Status Permohonan apakah sudah disetujui atau belum. Jika sudah disetujui kamu bisa mendownload SBU dengan cara klik tombol berwarna hijau dengan tulisan “Cetak Perizinan Berusaha UMKU”.

Nantinya akan muncul popup seperti gambar di bawah, di mana kamu bisa melihat softfile SBU Konstruksi kamu yang sudah disetujui. Selanjutnya untuk bisa mencetaknya kamu bisa mendownload melalui icon download yang ada di atas sebelah kanan.

Urus SBU Konstruksi Anti Ribet

Jika SBU Konstruksi kamu sudah disetujui maka kamu bisa mendapatkan Sertifikat Standar terverifikasi di OSS. Namun perlu kamu ketahui bahwa sebelum mengurus SBU banyak dokumen lain yang kamu butuhkan terlebih dahulu.

Dokumen-dokumen persyaratan tersebut seperti NIB, Kartu Tanda Anggota (KTA) asosiasi, dan SKK Konstruksi. Tentu saja ini akan menyita banyak waktu untuk mengurusnya secara mandiri.

Namun kamu bisa menikmati kemudahan mengurus SBUJK sebagai perizinan usaha di OSS dengan Jasa Pengurusan SIUJK dari AdminKita.

Kami akan mengurus semua dokumen seperti KTA, SKK, SBU Konstruksi agar Sertifikat Standar di OSS bisa terverifikasi dan bisnis konstruksi kamu memiliki perizinan yang sudah disetujui 

Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada Tim AdminKita. Kami selalu fast response dan memberi solusi terbaik bagi permasalahan perizinan usaha konstruksi kamu. Klik tombol di bawah ini ya!

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!