fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Apa itu Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi dan Bagaimana Cara Mengurusnya?

apa itu sertifikat badan usaha SBU Jasa Konstruksi

Apakah kamu mempunyai usaha di bidang konstruksi, dan akan mengikuti tender dari pemerintah? Bila iya, maka kamu akan perlu mengurus Sertifikat Badan Usaha (SBU). Lalu apa itu Sertifikat Badan Usaha dan seberapa pentingnya bagi Jasa Konstruksi? Simak artikel ini sampai habis ya! Karena Kita akan membahas tuntas pengertian dan kegunaan SBU untuk usaha konstruksi kamu.

Pengertian Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK)

badan usaha jasa konstruksi (BUJK)
Ilustrasi BUJK. Foto oleh Pixabay:

Sesuai dengan namanya SBU atau singkatan dari Sertifikat Badan Usaha merupakan dokumen yang menandai bahwa suatu usaha di bidang jasa konstruksi telah legal dan layak menjalankan kegiatan usaha. Jasa konstruksi yang tersebut itu menurut UU No. 2 Tahun 2017 terdiri dari usaha jasa konsultasi konstruksi, usaha pekerjaan konstruksi, dan usaha pekerjaan konstruksi terintegrasi.

SBU ini juga merupakan dokumen tambahan dalam perizinan usaha di OSS bagi Perusahaan Jasa Konstruksi sesuai dengan KBLI masing-masing. Seperti kita ketahui saat ini semua perizinan usaha berlangsung satu pintu melalui OSS RBA (Risk Based Approach). Di mana perizinan usaha berbeda-beda tergantung pada tingkat risiko usaha.

Bagi usaha Jasa Konstruksi yang mencakup jasa konsultansi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi, dan layanan jasa konsultansi pengawasan pekerjaan konstruksi. Maka memerlukan NIB dan Sertifikat Standar sebagai izin usahanya. Namun status sertifikat standar di OSS hanya bisa terverifikasi bila kamu sudah memiliki Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK).

SBUJK ini wajib dimiliki bagi semua Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK). Baik itu BUJK Nasional, BUJK PMA (Penanaman Modal Asing) dan juga Kantor Perwakilan Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing (KP BUJKA) di Indonesia. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis risiko.

Bila tidak memiliki SBUJK, maka Badan Usaha Jasa Konstruksi bisa terkena denda administratif. Besaran denda bagi BUJK bila tidak memiliki SBU bervariasi tergantung dari jenis pelanggaran dan jenis BUJK.

Contoh Kegunaan Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi

Selain berguna sebagai syarat utama dalam perizinan usaha dan juga untuk menghindari denda. Dengan memiliki SBUJK maka usaha jasa konstruksi kamu akan memperoleh keuntungan lain yakni:

1. Memenuhi Persyaratan IUJK di OSS

Seperti kita singgung di atas, SBU ini merupakan salah satu persyaratan dokumen yang wajib terpenuhi untuk bisa mendapatkan Izin Usaha Jasa Konstruksi di OSS. Sertifikat Standar OSS kamu baru bisa terverifikasi bila kamu telah memiliki SBUJK

2. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Dengan memiliki Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi, maka perusahaanmu memiliki kredibilitas tinggi karena sudah terdaftar secara legal. Hal ini tentu saja akan mempermudah perusahaanmu untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan lain berupa joint venture atau joint operation.

3. Bukti Kompetensi Usaha

Selain itu perusahaan kamu sudah terbukti kompetensinya, karena untuk memperoleh SBUJK ini melalui proses sertifikasi dan penilaian resmi dari lembaga terkait.

4. Berkesempatan Mengikuti Tender

Sebagai pengusaha tentu saja kamu ingin usaha jasa konstruksi milikmu bisa mendapat proyek dari berbagai pihak, termasuk pula dari instansi pemerintah. Nah kamu bisa berkesempatan mengikuti tender dari instansi pemerintah dengan syarat memiliki SBUJK terlebih dahulu.

Cara Mendapatkan SBUJK

Untuk mendapatkan SBUJK kamu bisa mengajukan permohonan kepada Menteri PUPR melalui Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) sesuai dengan ketentuan pada Pasal 100 Ayat 3 PP No. 5 Tahun 2021.

Pengajuan SBUJK tersebut berlangsung secara online melalui situs OSS. Jadi kamu perlu memiliki atau membuat akun OSS terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa login dan masuk pada menu Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PB UMKU). Proses untuk mendapatkan SBUJK terdiri dari:

  • Permohonan;
  • Pembayaran biaya;
  • Verifikasi dan validasi; dan
  • Persetujuan/penolakan permohonan SBU konstruksi.

Bila persetujuan permohonan Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi kamu disetujui, kamu bisa menggunakan SBUJK tersebut sebagai syarat kelengkapan Izin Usaha Jasa Konstruksi di OSS. Selain itu nantinya Sertifikat Standar OSS kamu juga akan berstatus terverifikasi.

Pengurusan Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi Anti Ribet

Bagi kamu yang tidak mau pusing mengurus berbagai persyaratan untuk Izin Usaha Jasa Konstruksi, kamu bisa mempercayakan Jasa Pengurusan SIUJK dari AdminKita. Segala berkas dan dokumen persyaratan tambahan, termasuk SBUJK semuanya diurus oleh Tim AdminKita.

Kamu bisa konsultasikan dulu segala permasalahan terkait dengan perizinan usaha jasa konstruksi ke AdminKita. Kami selalu fast response dalam menjawab segala pertanyaan dan memberi solusi terbaik bagi legalitas dan perizinan usaha kamu. Yuk buruan klik tombol Konsultasi Gratis di bawah!

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Konsultasi Gratis untuk perusahaan kamu. Jasa Pembuatan PT & CV