fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Contoh SIUJPT yang Dikeluarkan Oleh OSS

Apakah kamu sudah mengetahui informasi terkait SIUJPT? Apakah kamu sudah mengetahui contoh dari dokumen tersebut?

SIUJPT merupakan salah satu dokumen penting yang wajib kamu miliki ketika menjalankan sebuah usaha, khususnya di bidang pengurusan transportasi. Dokumen ini bisa menjadi bukti sah bahwa usaha yang kamu jalankan sah dan legal serta beroperasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui informasi terkait contoh SIUJPT ini. Kali ini kita akan membahas beberapa informasi terkait hal tersebut.

Namun sebelum membahas hal ini lebih lanjut, simak terlebih dahulu penjelasan terkait SIUJPT dan dikeluarkan oleh siapa dokumen itu pada bagian berikut.

Penjelasan Umum

SIUJPT atau Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi untuk usaha yang bergerak di bidang tersebut. Dengan memiliki dokumen ini, sebuah usaha bisa beroperasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di daerah tersebut.

Secara umum, SIUJPT bisa didefinisikan sebagai dokumen yang menunjukkan bentuk persetujuan dari pihak pemerintah provinsi dalam menjalankan usaha yang berkaitan dengan kegiatan pengiriman dan penerimaan barang, baik melalui transportasi darat, laut, dan udara. 

Landasan hukum terkait dokumen ini sendiri bisa kamu lihat dalam 

Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2010 tentang Angkutan Di Perairan, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan Angkutan di Perairan.

Berdasarkan aturan tersebut, penting bagi pelaku usaha untuk memiliki dokumen SIUJPT ini. Jika pelaku usaha tidak memiliki dokumen tersebut, mereka bisa saja akan mendapatkan hukuman dan sanksi dari pihak terkait, seperti surat peringatan tertulis hingga pembekuan dan pelarangan usaha untuk beroperasi.

Terdapat beberapa syarat yang mesti dipenuhi ketika mengurus dokumen ini, seperti.

  1. SK Kemenkumham
  2. Akta notaris
  3. NPWP dan KTP direksi
  4. NPWP dan KTP pemegang saham
  5. NPWP badan
  6. Tenaga ahli berkewarganegaraan Indonesia
  7. Modal dasar maksimal Rp1,2 miliar dan modal disetor minimal 25 persen dari modal dasar
  8. Memiliki sertifikat kepemilikan kantor atau bukti sewa berjalan dua tahun
  9. Mempersiapkan dokumen pendukung lainnya 

Contoh SIUJPT

Adapun contoh dari SIUJPT yang bisa kamu gunakan ketika menjalankan usaha di bidang ini adalah.

Jasa Pengurusan SIUJPT di AdminKita

Itulah contoh dari dokumen SIUJPT yang bisa kamu ketahui. Bagi kamu yang kesulitan dan membutuhkan dokumen ini dengan segera, bisa memanfaatkan Jasa pengurusan SIUJPT yang ada di AdminKita. Dengan memanfaatkan layanan ini, kamu tidak perlu khawatir akan mengalami kesusahan ketika mengurus dokumen tersebut.

Sebab tim AdminKita akan mendampingimu dalam menjalani prosedur pengurusan dokumen SIUJPT. Dengan demikian, kamu bisa menghemat waktu produktif yang dimiliki tanpa perlu khawatir terhadap pengurusan dokumen yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut.

Kamu bisa menghubungi kontak yang ada di bawah ini dan rasakan kemudahan dalam mengurus dokumen SIUJPT bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!