fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

KBLI Jasa Angkutan Laut, Apa Kode yang Sesuai?

Tahukah kamu apa kode KBLI yang diperuntukkan untuk usaha di bidang jasa angkutan laut? Kode KBLI ini dibutuhkan ketika para pelaku usaha akan mengurus perizinan bisnis yang sedang mereka jalankan.

Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk mengetahui kode KBLI yang sesuai dengan usaha di bidang ini. Terlebih bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan dan mengelola usaha yang bergerak di bidang jasa angkutan laut.

Bagi kamu yang masih belum mengetahui secara pasti kode KBLI untuk usaha jasa angkatan laut tidak perlu khawatir. Kali ini kita akan mengulas beberapa informasi terkait hal tersebut dalam artikel ini.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi terkait apa itu KBLI yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca artikel berikut hingga tuntas agar kamu bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan dengan maksimal.

Mengenal Apa Itu KBLI?

KBLI atau klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia merupakan pengelompokkan kegiatan atau aktivitas ekonomi yang ada di Indonesia. Pengelompokkan ini dibagi ke dalam beberapa kode oleh pemerintah melalui Badan Pusat Statistik berdasarkan masing-masing kegiatan ekonomi tersebut.

Adanya KBLI ini akan mempermudah para pelaku usaha untuk mengelompokkan jenis usaha yang sedang mereka jalankan. Nantinya kode-kode KBLI yang sesuai dengan jenis usaha masing-masing ini akan dibutuhkan ketika para pelaku bisnis akan mengurus izinnya di Online Single Submission atau OSS.

Aturan terkait KBLI ini sendiri tertera di dalam Peraturan BPS Nomor 2 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa pada saat ini terdapat 1.790 kode KBLI yang bisa dipilih oleh para pelaku usaha untuk mengklasifikasi jenis bisnis yang sedang mereka jalankan di Indonesia.

Kode KBLI Jasa Angkutan Laut

Ilustrasi KBLI jasa angkutan laut (Pixabay/dendoktoor)

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kamu lihat bahwa pada saat ini terdapat ribuan kode KBLI yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Hal ini tentu bisa saja menimbulkan kebingungan bagi para pelaku usaha yang kesulitan menentukan jenis bisnis yang mereka jalankan dengan kode KBLI yang ada.

Terlebih jika pelaku usaha melakukan kesalahan dalam mencantumkan kode KBLI yang tepat, mereka akan mendapatkan hukuman dan sanksi dari tindakan tersebut. Beberapa hukuman yang bisa saja diterima ketika salah mencantumkan kode KBLI adalah teguran tertulis hingga mengurus proses perizinan dari awal.

Adapun kode yang diperuntukkan untuk usaha jasa angkutan laut adalah KBLI 52293 Aktivitas Ekspedisi Muatan Kapal (EMKL). Kelompok ini mencakup usaha pengiriman barang dalam jumlah besar dan diangkut menggunakan angkutan laut.

Pengurusan izin KBLI 52293 ini sudah termasuk dalam cakupan KBLI 52291 Jasa Pengurusan Transportasi dan KBLI 53201 Aktivitas Kurir.

Jasa Pengurusan SIUJPT untuk Jasa Angkatan Laut

Ketika kamu menjalankan usaha di bidang jasa angkatan laut, maka perlu juga untuk mengurus SIUJPT atau Surat Izin Usaha Jasa Pengiriman Transportasi untuk bisnis yang dijalankan. Dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat ini dibutuhkan agar usaha yang kamu jalankan memiliki izin untuk beroperasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kamu bisa memanfaatkan Jasa Pengurusan SIUJPT di AdminKita untuk mempermudah mendapatkan dokumen perizinan untuk usaha jasa angkatan laut yang dimiliki. Dengan memanfaatkan layanan ini, kamu akan mendapatkan pendampingan langsung dari tim AdminKita yang berpengalaman di bidangnya, sehingga tidak perlu khawatir dengan hambatan yang bisa saja terjadi dalam proses pengurusannya.

Langsung saja hubungi kontak yang di bawah ini untuk berkonsultasi dan rasakan kemudahan mengurus SIUJPT bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!