fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Punya Usaha Mebel dari Kayu? Pilih Kode KBLI ini

Siapa saja nih, kamu di sini yang sedang memiliki atau menjalankan usaha di bidang mebel dari kayu atau furniture? Apakah kamu sudah mengetahui kode KBLI yang sesuai dengan jenis dan bidang usaha yang satu ini?

Para pelaku usaha wajib mengetahui kode KBLI yang sesuai dengan bisnis yang mereka operasikan.

Begitu pula dengan pelaku usaha yang bergerak di bidang mebel kayu dan furniture.

Bagi kamu yang masih belum mengetahui kode KBLI untuk usaha mebel dan furniture tidak perlu khawatir.

Dalam artikel ini kita akan membahas seputar kode KBLI yang diperuntukkan untuk bidang usaha tersebut, mulai dari penjelasan, prosedur dalam memilih, hingga sanksi yang akan diterima jika salah dalam mencantumkan kode yang sesuai.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menyimak artikel ini hingga bagian akhir agar setiap informasi bisa kamu pahami secara keseluruhan, ya.

KBLI Usaha Mebel dari Kayu atau Furniture

Ilustrasi KBLI Mebel Kayu atau Furniture (Pexels/Karl Solano)

Seperti halnya jenis usaha lain yang ada di Indonesia, pelaku bisnis yang bergerak di bidang mebel kayu maupun furnitur juga mesti mengetahui kode KBLI yang sesuai dengan usahanya.

KBLI atau Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia sendiri merupakan kode yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik untuk memudahkan para pelaku usaha dalam menentukan jenis usaha yang mereka jalankan.

Kode KBLI ini nantinya dibutuhkan ketika para pelaku usaha ingin mengurus perizinan agar bisnis yang mereka jalankan bisa beroperasi secara legal.

Sebab, setiap usaha yang memiliki risiko rendah, termasuk di bidang mebel kayu, diwajibkan pemerintah untuk membuat perizinan usahanya.

Hal ini sesuai dengan apa yang tertera dalam Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang mebel kayu, kode yang diperuntukkan untuk kelompok ini adalah KBLI 31001.

Kode KBLI 31001 ini meliputi usaha pembuatan furnitur dari kayu untuk kantor dan rumah tangga, seperti meja, kursi, rak, lemari, dan lainnya.

Prosedur Memilih KBLI 31001

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam menentukan kode KBLI 31001, yakni.

  1. Memeriksa kode dan aktivitas usaha di KBLI 2020.
  2. Menyesuaikan kode KBLI dengan jenis usaha yang dijalankan.
  3. Menentukan jenis pelaku usaha, baik dalam bentuk perorangan maupun badan, sebelum menentukan KBLI.
  4. Menentukan kode yang sesuai dengan omset usaha yang kamu jalankan.
  5. Memilih lokasi untuk menjalankan usaha yang sudah ditentukan kode KBLI-nya.

Sanksi Jika Salah dalam Menentukan KBLI Usaha Mebel dari Kayu atau Furniture

Perlu kamu ketahui bahwa ada sanksi tertentu yang akan diterima oleh pelaku usaha jika salah dalam menentukan kode KBLI usahanya.

Jika seorang pelaku usaha mencantumkan kode KBLI yang tidak sesuai, maka izin usaha yang dia jalankan bisa tidak keluar dan harus mengurus kembali dari prosedur awal.

Tidak hanya itu, pelaku usaha yang salah dalam menentukan kode KBLI juga berpotensi untuk menerima beberapa macam sanksi, seperti teguran, peringatan, hingga pencabutan izin operasi usaha.

Oleh sebab itu, jangan sampai kamu salah dalam menentukan kode KBLI yang sesuai dengan usaha yang dijalankan.

Sebab, masih ada kode yang diperuntukkan khusus untuk industri furniture lainnya, seperti KBLI 31002 Industri Furniture dari Rotan, KBLI 31003 Industri Furniture dari Plastik, KBLI 31004 Industri Furniture dari Logam, dan KBLI 31009 Industri Furnitur Lainnya.

Jasa Pembuatan PT dan Perizinan di OSS bersama AdminKita

Nah, bagi kamu yang tidak ingin ambil pusing dalam mengurus perizinan usaha yang dijalankan, sekarang kamu bisa memanfaatkan Jasa Pembuatan PT yang ada di AdminKita.

Tim AdminKita tidak hanya membantumu dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha, tetapi juga akan melakukan pendampingan dalam mengurus perizinan lewat OSS, termasuk dalam menentukan kode KBLI yang sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan.

Segera manfaatkan kemudahan yang ada di AdminKita tersebut dengan menghubungi kontak yang ada di bawah dan rasakan berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan jasa layanan ini.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Konsultasi Gratis untuk perusahaan kamu. Jasa Pembuatan PT & CV