fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

4 Manfaat Memiliki Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT)

5 Manfaat Memiliki Surat Izin Usaha Jasa Transportasi (SIUJPT)

Manfaat SIUJPT – Surat Izin Usaha Jasa Transportasi atau lebih kita kenal sebagai SIUJPT merupakan dokumen perizinan yang wajib dimiliki oleh semua bidang usaha pada KBLI 52291,

Hal tersebut sudah diatur pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12 Tahun 2021 Tentang Standar Kegiatan Usaha Dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Transportasi

Di mana beberapa bidang usaha yang tergolong pada KBLI 52991 wajib memiliki SIUJPT sebagai perizinan usahanya. Adapun beberapa bidang usaha yang termaksud tersebut seperti penerimaan barang, sortasi, pengepakan, pengukuran, penimbangan, pengelolaan transportasi, pemesanan ruang pengangkut, pengiriman, warehousing dan lain sebagainya.

Selain merupakan kewajiban, dengan memiliki SIUJPT usaha jasa pengurusan transportasi kamu juga akan memiliki beberapa keuntungan antara lain:

1. Mendapat Perlindungan Hukum

ilustrasi perlindungan hukum dari hak kekayaan intelektual
ilustrasi perlindungan hukum. Foto oleh pexels.com

Manfaat pertama dengan memiliki SIUJPT adalah usaha kamu akan mendapat perlindungan hukum. Salah satu syarat memiliki SIUJPT adalah bentuk badan usaha perusahaan harus sudah berupa Perseroan Terbatas (PT) yang dibuktikan dengan Akta Pendirian Notaris. 

Dengan bentuk PT, tentu saja perusahaan kamu sudah berstatus badan hukum. Sehingga kegiatan usaha Jasa Pengurusan Transportasi kamu memiliki legalitas yang jelas. Terlebih lagi jika kamu sudah mengantongi perizinan berusaha di OSS untuk bidang Jasa Pengurusan Transportasi (JPT).

2. Manfaat Memiliki SIUJPT : Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

ilustrasi kredibilitas perusahaan

Selanjutnya manfaat lain dari memiliki SIUJPT adalah tingginya kredibilitas perusahaan. Karena adanya legalitas dan perizinan yang jelas, tentu saja akan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Yang mana usaha JPT kamu berkesempatan memperoleh kepercayaan dan kerja sama baik dari pemerintah, investor maupun mitra perusahaan lainnya.

Perusahaan JPT yang memiliki SIUJPT juga lebih terjamin terhadap pelayanan jasa yang diberikan. Karena sudah mengikuti berbagai ketentuan hukum yang berlaku. Tentu saja hal ini akan meningkatkan reputasi usahamu di mata para klien dan mitra bisnis.

3. Manfaat Memiliki SIUJPT : Terhindar dari Sanksi dan Denda

Dengan memiliki SIUJPT dan menyelesaikan perizinan di OSS, usaha JPT kamu sama saja telah terdaftar secara resmi dan legal di Indonesia. Jika tidak memiliki perizinan berusaha maka sama saja usahamu tergolong pada kegiatan usaha ilegal.

Meskipun tidak ada ketentuan khusus mengenai kegiatan usaha JPT yang tidak berizin, namun suatu saat pemerintah bisa menghentikan paksa kegiatan usahamu. Selain itu kamu juga bisa terkena sanksi administratif dan peringatan tertulis hingga pembekuan kegiatan usaha JPT kamu.

4. Mendapatkan Sertifikat Standar Terverifikasi di OSS

Usaha Jasa Pengurusan Transportasi dengan kode KBLI 52991 ini tergolong pada usaha dengan tingkat risiko menengah tinggi. Yang mana untuk perizinan berusahanya selain memerlukan NIB juga membutuhkan Sertifikat Standar Terverifikasi.

Permasalahan yang sering dijumpai oleh para pelaku usaha JPT adalah Sertifikat Standar belum terverifikasi. Untuk memperoleh status terverifikasi, kamu harus memenuhi dokumen persyaratan lainnya. Salah satunya adalah Surat Rekomendasi dari Otoritas Kepelabuhan atau Dishub setempat.

Jasa Pengurusan SIUJPT Anti Ribet

Karena tergolong dalam tingkat risiko menengah-tinggi, maka banyak dokumen persyaratan yang wajib kamu penuhi untuk perizinan di OSS. Belum lagi banyak syarat SIUJPT yang terkadang membuat pusing dan menyita banyak waktu dalam mengurusnya.

Jika tidak ingin pusing dan ingin cepat, kamu bisa mempercayakan Jasa Pengurusan SIUJPT dari AdminKita. Tim Kami berpengalaman membantu lebih dari 500 klien dalam urusan legalitas dan perizinan berusaha di OSS. Selain itu banyak Layanan AdminKita lainnya yang bisa kamu manfaatkan.

Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu bersama Tim AdminKita. Kami selalu fast response dalam menjawab dan memberi solusi terbaik bagi permasalahan legalitas dan perizinan usaha JPT kamu. Tunggu apa lagi? Buruan klik tombol di bawah ini ya!

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Konsultasi Gratis untuk perusahaan kamu. Jasa Pembuatan PT & CV