fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

Biaya Jasa Pendirian PT PMA di Indonesia

biaya jasa pendirian pt pma indonesia

Apakah kamu ingin mendirikan PT PMA di Indonesia, namun belum tahu total biaya jasa pendirian yang perlu kamu keluarkan? Simak artikel ini sampai habis karena kita akan merinci total biaya yang harus kamu siapkan.

Kewajiban dan Ketentuan Mendirikan PT PMA

ilustrasi biaya jasa pembuatan pt pma
Ilustrasi PT PMA. Foto oleh pexels.com

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia sangat terbuka dengan masuknya investasi asing guna mendongkrak perekonomian dalam negeri. Namun kegiatan investasi asing harus mematuhi segala ketentuan perundang-undangan terkait.

Salah satunya adalah kewajiban untuk mendirikan badan usaha resmi di Indonesia dengan bentuk PT PMA. Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing atau sering kita sebut sebagai PT PMA ini merupakan bentuk badan usaha yang dikhususkan bagi kegiatan permodalan dari luar negeri saja.

Di mana, Warga Negara Asing maupun Badan Usaha luar negeri bisa secara resmi melakukan kegiatan usaha di Indonesia yang berbadan hukum melalui PT PMA. Namun terdapat beberapa ketentuan lain mengenai bidang kegiatan usaha apa saja yang tidak bisa berbentuk PT PMA, seperti:

  • Penangkapan spesies ikan yang tercantum dalam Lampiran I Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora; 
  • Budi daya tanaman dan industri narkotika golongan I; 
  • Segala bentuk kegiatan perjudian dan/atau kasino; 
  • Pemanfaatan atau pengambilan koral dan pemanfaatan atau pengambilan karang dari alam yang digunakan untuk bahan bangunan kapur kalsium, akuarium, dan souvenir/perhiasan, serta koral hidup atau koral mati (recent death coral) dari alam;
  • Industri pembuatan senjata kimia; 
  • Industri bahan kimia industri dan industri bahan perusak lapisan ozon; 
  • dan Industri minuman keras mengandung alkohol (KBLI 11010), industri minuman mengandung alkohol: anggur (KBLI 11020), dan industri minuman mengandung malt (KBLI 11031).

Selain itu PT PMA hanya bisa kamu didirikan bila skala usahamu tergolong dalam Usaha Besar dan bukan skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Adapun definisi Usaha Besar menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 adalah usaha yang memiliki modal usaha lebih dari Rp 10 Miliar, tidak termasuk tanah dan bangunan usaha.

Biaya Pendirian PT PMA

Ilustrasi Investasi di Indonesia
Ilustrasi biaya jasa pendirian pt pma.

Jika kegiatan usahamu tidak termasuk dalam Daftar Negatif Investasi (DNI) dan tergolong dalam skala usaha besar dengan modal usaha lebih dari Rp 10 Miliar, kamu bisa mulai mendirikan PT PMA.

Namun banyak persyaratan lain yang harus kamu siapkan agar bisa mendirikan PT Penanaman Modal Asing. Jika tidak ingin ribet mengurus syarat pendirian PT PMA, kamu bisa menggunakan Jasa Pembuatan PT dari AdminKita.

Dengan biaya Rp 22,8 Juta saja, kamu tidak perlu pusing mengurus semua persyaratan yang kamu perlukan untuk bisa mendirikan PT PMA di Indonesia. Selain itu kamu juga tidak akan pusing mengurus perizinan di OSS.

Karena Jasa Pendirian PT PMA dari AdminKita juga akan mengurus perizinan usahamu di OSS. Kamu nantinya akan mendapatkan beberapa dokumen yang biasa dibutuhkan oleh PT PMA, seperti:

  • Sertifikat Standar (untuk resiko menengah)
  • Pernyataan Mandiri Kesediaan Memenuhi Persyaratan Usaha
  • Pernyataan Mandiri Kesanggupan Mengikuti Proses Sertifikasi Halal (bagi bidang usaha yang diwajibkan)
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL)
  • Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Untuk Kegiatan Berusaha (PKKPR) (untuk skala Usaha Menengah dan Besar)

Selain itu karena PT PMA wajib berkedudukan di Indonesia, maka kamu perlu memiliki kantor perusahaan sebagai alamat domisili perusahaan. Namun jika dari operasional perusahaanmu tidak perlu mendirikan kantor fisik di Indonesia, kamu bisa menggunakan virtual office.

Ingin merasakan berbagai kemudahan dan cepatnya mendirikan PT PMA? Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada Tim AdminKita melalui tombol di bawah.

Kami selalu fast response dan memberi solusi terbaik bagi permasalahan pendirian PT PMA kamu!

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!