fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

KBLI 49431 – Angkutan Bermotor Untuk Barang Umum

Apakah kamu tahu kode KBLI 49431 ditujukan untuk usaha yang bergerak di bidang apa?

KBLI 49431 merupakan salah satu kode yang bisa dipilih oleh para pelaku usaha ketika ingin mengurus perizinan bisnis yang dijalankan.

Para pelaku usaha wajib mengetahui kode KBLI apa saja yang sesuai dengan bisnis yang mereka jalankan, sehingga bisa mendapatkan izin berusaha dan beroperasi secara legal.

Khusus KBLI 49341, kode yang satu ini diperuntukkan bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang angkutan bermotor untuk barang umum.

Simak ulasan lengkap pada bagian berikut ini agar kamu bisa lebih memahami pengertian, fungsi, hingga sanksi yang bisa didapatkan jika pelaku usaha salah dalam mencantumkan kode KBLI yang sesuai dengan bisnisnya.

KBLI Angkutan Bermotor untuk Barang Umum

Ilustrasi KBLI 49431 untuk Angkutan Bermotor Barang Umum (Pexels/Quintin Gellar)

KBLI merupakan singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik untuk membantu para pelaku usaha dalam menentukan jenis bisnis yang mereka jalankan.

Kode KBLI ini dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk mengurus perizinan di OSS nantinya.

Sebab, pemerintah sudah mewajibkan setiap pelaku usaha untuk memiliki perizinan usaha berbasis risiko, termasuk pada bidang bisnis yang bergerak di angkutan bermotor untuk barang umum.

Dengan demikian, usaha yang dijalankan bisa mendapatkan izin resmi dari pemerintah dan bisa beroperasi secara legal sesuai dengan aturan yang berlaku.

Landasan hukum tentang kode KBLI ini sendiri diatur dalam Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Bagi para pelaku usaha angkutan bermotor untuk barang umum, maka kode yang cocok dengan bisnis yang dijalankan adalah KBLI 49431.

Kelompok ini mencakup pada angkutan bermotor yang bisa mengangkut lebih dari satu jenis barang, seperti pick up, truk, kontainer, dan lainnya.

Fungsi KBLI 49431

Selain mendapatkan izin usaha, terdapat beberapa fungsi lain yang bisa dirasakan oleh para pelaku usaha di bidang angkutan bermotor untuk barang umum ketika memiliki kode KBLI 49431.

Beberapa fungsi dari kode KBLI yang satu ini di antaranya.

  1. Membantu pelaku bisnis untuk memilih jenis dan bidang usaha yang akan dijalankan.
  2. Syarat dalam membuat beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan perizinan, seperti SIUP, TDP, NIB, dan izin usaha.
  3. Diperlukan untuk membuat NPWP usaha dan pengajuan BPJS.
  4. Menjadi standar acuan untuk besaran pajak dalam SPT Tahunan dan SPT Masa yang dibayarkan kepada Dirjen Pajak.
  5. Mengetahui risiko dari bisnis yang dijalankan.
  6. Mempengaruhi kewajiban untuk perizinan usaha tambahan yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis.

Sanksi Jika Tidak Memiliki atau Salah Memilih KBLI 4931

Setelah mengetahui fungsi dari KBLI 49431 bagi para pelaku usaha di bidang angkutan bermotor untuk barang umum, kamu juga perlu tahu untuk berhati-hati dalam menentukan kode yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa terhindar dari sanksi yang bisa didapatkan ketika salah dalam memilih kode KBLI yang sesuai.

Jika kamu salah dalam memilih kode KBLI, maka izin usaha yang sedang kamu urus bisa tidak keluar dan didapatkan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam sanksi, seperti teguran, peringatan, hukuman, hingga pencabutan izin usaha dari pemerintah jika salah dalam mencantumkan kode KBLI yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Bagi para pelaku usaha di bidang angkutan bermotor untuk barang umum, kamu mesti berhati-hati dalam memilih, sebab terdapat beberapa kode yang mirip dengan KBLI 49431.

Beberapa kode yang mirip dengan KBLI untuk pelaku usaha angkutan bermotor untuk barang umum adalah KBLI 49432 Angkutan Bermotor untuk Barang Khusus dan KBLI 49433 Angkutan Tidak Bermotor untuk Barang Umum.

Jasa Pembuatan PT bersama AdminKita

Bagi kamu yang tidak ingin bingung dalam menentukan kode KBLI yang sesuai dengan usaha yang dijalankan, sekarang kamu bisa memanfaatkan Jasa Pembuatan PT bersama AdminKita.

Tim AdminKita akan membantumu dalam mempersiapkan berbagai macam dokumen yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah usaha.

Tidak hanya itu, tim dari AdminKita juga akan mendampingimu dalam mengurus perizinan usaha di OSS, termasuk dalam menentukan kode KBLI yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Segera hubungi kontak yang ada di bawah ini dan rasakan manfaat layanan jasa pembuatan PT bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Konsultasi Gratis untuk perusahaan kamu. Jasa Pembuatan PT & CV