fbpx

Adminkita.com

ADMINKITA

KBLI Jasa Angkutan dan Ekspedisi Darat

Tahukah kamu apa kode KBLI yang diperuntukkan untuk usaha jasa angkutan dan ekspedisi darat? Jika kamu memiliki dan sedang menjalankan usaha di bidang ini, tentu penting untuk mengetahui informasi terkait hal tersebut.

Hal ini disebabkan oleh kode KBLI yang menjadi salah satu persyaratan penting yang wajib dimiliki pemilik usaha ketika mengurus perizinan bisnis yang sedang mereka jalankan. Tanpa mengetahui kode KBLI yang tepat, mustahil bagi seorang pelaku usaha untuk mengurus perizinan dari bisnis yang sedang dijalankan dengan baik dan lancar.

Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk mengetahui kode KBLI yang cocok untuk usaha jasa angkutan dan ekspedisi darat. Dengan demikian, usaha yang kamu jalankan memiliki izin dan bisa beroperasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam artikel ini kita akan membahas kode KBLI yang cocok untuk usaha jasa angkutan dan ekspedisi darat. Pastikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas agar kamu bisa mendapatkan setiap informasi yang dibutuhkan secara keseluruhan.

Sekilas tentang KBLI

Sebelum mengetahui kode yang cocok, kamu mesti memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan KBLI. KBLI atau Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia merupakan acuan atau panduan yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia lewat Badan Pusat Statistik untuk mengklasifikasikan aktivitas atau kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia.

Pengklasifikasian ini memberikan keberagaman konsep, definisi, hingga klasifikasi lapangan usaha yang ada di Indonesia. Dengan demikian, para pelaku usaha bisa dengan mudah menentukan kategori bidang usaha yang sedang mereka jalankan ketika mengurus perizinan nantinya.

Aturan dan landasan hukum terkait KBLI ini sendiri tercantum dalam Peraturan BPS Nomor 2 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Dalam aturan tersebut dijelaskan terdapat 1.790 kode KBLI yang bisa dipilin untuk pelaku usaha yang ada di Indonesia ketika ingin mengurus perizinan bisnis yang sedang dioperasikan.

KBLI untuk Jasa Angkutan dan Ekspedisi Darat

Ilustrasi KBLI jasa angkutan darat (Pixabay/jeremy888)

Nah, dari penjelasan di atas bisa kamu lihat bahwa terdapat ribuan kode KBLI yang bisa dipilih oleh pelaku usaha. Kamu mesti memilih kode KBLI yang sesuai dengan usaha yang sedang dijalankan ketika ingin mengurus izin bisnis tersebut.

Khusus usaha jasa angkutan dan ekspedisi darat, kode klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia yang diperuntukkan untuk bidang ini adalah KBLI 52292 Aktivitas Ekspedisi Muatan Kereta Api dan Ekspedisi Angkutan Darat (EMKA & EAD). Kode ini diperuntukkan untuk usaha pengiriman dan pengepakan barang dalam volume besar yang diangkut melalui kereta api maupun alat angkutan darat lainnya.

Perlu untuk kamu ketahui prosedur perizinan untuk KBLI 52292 ini mengikuti cakupan KBLI 52291 Jasa Pengurusan Transportasi dan KBLI 53201 Aktivitas Kurir.

Pastikan untuk tidak salah dalam memilih kode KBLI ini. Sebab jika salah dalam memilih kode KBLI, maka proses perizinan usaha yang kamu lakukan di Online Single Submission atau OSS tidak bisa berjalan dengan lancar.

Jasa Pengurusan SIUJPT untuk Izin Usaha

Selain memahami KBLI untuk mengurus dokumen izin berusaha, kamu juga mesti mempersiapkan SIUJPT ketika menjalankan usaha di bidang ini. SIUJPT atau Surat Izin Usaha Jasa Pengiriman Transportasi merupakan dokumen perizinan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat untuk usaha yang bergerak di bidang tersebut.

Bagi kamu yang ingin mengurus dokumen perizinan ini, bisa memanfaatkan Jasa Pengurusan SIUJPT yang ada di AdminKita. Dengan memanfaatkan layanan dari AdminKita ini, kamu akan mendapatkan bantuan dari tim yang berpengalaman di bidangnya untuk mengurus hal tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir menghabiskan banyak waktu produktif yang dimiliki untuk mendapatkan dokumen tersebut. Langsung saja hubungi kontak yang ada di bawah ini dan rasakan kemudahan dalam mengurus dokumen SIUJPT bersama AdminKita.

KONSULTASI GRATIS

Langsung kami balas tanpa nunggu lama

konsultasi gratis

Bagikan Postingan Ini

Artikel Lain

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Gratis
Scan the code
Konsultasi Gratis perihal Legalitas dan Perizinan usaha Kamu!